Media sosial berfungsi sebagai alat yang efektif untuk memperbaiki citra merek dengan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen.


Quuennews.id – Media sosial sering menjadi titik awal bagi audiens untuk mengenal merek. Citra yang positif dapat menciptakan kesan pertama yang baik, yang penting untuk membangun hubungan jangka panjang.
Tanggapi komentar dan pesan dari audiens untuk menunjukkan bahwa merek peduli dan responsif terhadap kebutuhan mereka.
Dengan strategi yang tepat dan konsisten, media sosial tidak hanya memperbaiki citra merek tetapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan dan daya saing di pasar.
Mulitawati & Retnasary (2020) berpendapat citrat Terhadap merek berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek. Dapat direpresentasikan bahwa citra merk adalah suatu pencitraan terhadp produk.
Strategi Komunikasi Media Sosial Meningkatkan Citra Merk
Strategi komunikasi media sosial pengaruhnya terhadap citra merk secara konseptual dapat diidentifikasi berawal dari konsumen sadar terhadap

merk melalui media sosial atau online. Adhawiyah et al.(2019) menjelaskan dan membuktikan dengan penelitiannya yaitu bahwa media sosial mampu membuktikan bahwa terdapat pengaruh terhadap kesadaran merek. Penulis memberikan pendapat, bahwa dengan penelitian terdahulu Adhawiyah et al. (2019),
memberikan asumsi bahwa adanya media sosial, konsumen diingatkan dengan merek tertentu. Kemudian
citra merek hadir sebagai pengingat kesadaran merek tertentu. Secara langsung citra merek merupakan wujud
dari kesadaran masyarakat dalam mengingat merk tertentu. Selanjutnya citra merek yang disuguhkan melalui media sosial penelitian Rambing et al., (2015)
membuktikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Semakin banyak dan sering merk ditampilkan di media sosial, maka semakin besar
peluang merek dikenal dimasyarakat. meskipun demikian terdapat hambatan citra merek dalam media sosial yaitu antaral lain kurangnya edukasi tentang media sosial marketing, kurangnya sumber daya manusia.
